*Muswil Muhammadiyah Sumbar antar Ismail novel jadi calon Pimpinan Muhammadiyah wilayah*

Bagikan Informasi Ini

Padang ,Banua Minang.Com– Pemilihan pimpinan di Persyarikatan Muhammadiyah tingkat provinsi disebut dengan Muswil. Kegiatan Muswil ini dilaksanakan, 23-25 Desember 2022.
Proses pemilihan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumaetera Barat periode 2022-2027, dimulai sejak Sabtu (24/25) di Kampus Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Pasir kandang Koto Tangah Padang, pelaksanaan pemungutan suara dilaksanakan mulai jam 20.00 Wib
Menurut panitia pemilihan,Nasrul, Pemungutan suara dengan menggunakan sistem eletronic voting (e-voting). Selain hemat waktu, juga tingkat akurasinya tinggi dibanding dengan pemungutan suara manual sehingga kegiatan pengumutan berjalan dengan baik. Muhammadiyah satu-satunya lembaga di Sumbar yang memberlakukan e-voting

Pada sidang pertama Musypim dengan sistem E-voting pertama, terjaring 39 calon pimpinan Muhammadiyah Sumatera Barat darinlebij 50 calon yang diajukan. Rapat pleno Musypim Muhammadiyah ini dilaksanakan pada hari Jumat (23.12) malam. kemudian pada foting kedua berlangsung Sabtu malam dengan sistem pemungutan suara yang sama. Hasilnnya terjaring 13 orang pimpinan dari 39 calon tetap.
Menurut Nasrul pemungutan suara dimulai sekitar pukul 22.00 WIB pada Sabtu (24/12) dan hasilnya sudah bisa langsung diketahui sekitar pukul 00.15 WIB. Artinya, hanya lebih sedikit dua jam, proses pemungutan suara lebih dari 300 pemegang hak suara selesai dilakukan.
Yasril dr Maka yang juga sebagai beserta menjaskan sidang pertama Buya Sobhan jauh lebih unggul dari Bakhtiar MAg dan Ismail Novel PDM Bukittinggi nomor urutan 28. Tapi pada sidang kedua yang melibatkan utusan cabang Muhammadiyah se Sumatera Barat. Hasil Bakhtiar MAg peroleh suara terbanyak Sabhan Lubis urutan ke dua dan Ismail Novel juru kunci no 13.
Dr. Bakhtiar, M.Ag memperoleh 275 suara, disusul Dr. Sobhan Lubis (265), H. Apris (221), H. Marhadi Efendi, M.Si (213), Ki Jal Atri Tanjung, MH (212), Dr. Murisal (205), Yosmeri Yusuf (195), Dr. Firdaus AN (182), Dr. Zaim Rais (174) dan Dr. Abdul Salam 169 suara. Berikutnya Muhammad Najmi dengan 149 suara, Zaitul Ikhlas (139), dan Dr. Ismail Novel dengan 138 suara.


Hebatnya dalam Muhammadiyah yang dapat suara terbanyak tidak mutlak jadi ketua. Bahkan pernah terjadi dalam Muhammadiyah tidak calon pimpinan menjadi ketua. Karena 13 calon terpilih tidak bersedia menjadi ketua.
Sampai jam 11.00 Ahad ini ( 25/12 ) belum juga diadakan rapat pimpinan terpilih hasilnya akan disahkan oleh peserta Musywil melalui sidang pleno siang ini juga. Sehingga pagi ini diadakan sidang komisi dan kemudian sidang pleno.
Hebatnya calon terpilih ini dalam rapat jam 02.00 wib tadi malam sebenarnya sudah menetapkan formatur pimpinan Wilayah Muhammadiyah dan diumumkan dalam sidang ini. Tapi mungkin karena masih menimbang nimbang yang terbaik peserta sidang masih menunggu hasil rapat pimpinan terpilih.

Pewarta : Yasril.S.ag

Editor : Ridwan

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *