Ibadah Khusus Selama Ramadhan*

Bagikan Informasi Ini

*Ibadah Khusus Selama Ramadhan*

Assalamualaikum Wr.Wb.
Kata Ramadan berasal dari akar kata bahasa Arab ramiḍa atau ar-ramaḍ, yang berarti panas yang menghanguskan atau kekeringan. Ramadhan, merupakan salah satu nama bulan dalam hitungan kalender hijriah, dan merupakan bulan kesembilan dari dua belas bulan. Selama ramadhan, umat Islam melaksanakan ibadah-ibadah khusus, yakni ibadah yang hanya dilaksakan selama bulan ramadhan itu berlansung, secara umum ibadah khusus tersebut secara hukum terbagi dua yaitu wajib dan sunah, secara waktu juga terbagi dua yakni ibadah khusus yang dilaksanakan diwaktu siang dan ibadah khusus yang dilaksanakan diwaktu malam.

Pertama ibadah khusus wajib yang dilakukan diwaktu siang, yakni ibadah yang dilakukan dari mata hari terbit sampai matahari terbenam, adapun ibadah tersebut ialah ibadah puasa (saum), puasa berasal dari bahasa Arab yakni saum atau siyam yang berarti menahan, sedangkan menurut istilah puasa adalah menahan diri dari makanan dan minuman serta dari apa saja yang membatalkannya. Puasa merupakan salah satu rukun Islam dan merupakan ibadah khusus yang dilakukan umat Islam selama bulan ramadhan yang hukumnya adalah wajib, hal ini atas perintah Allah dalam Al-Quran surah Al-Baqarah surah yang ke dua ayat 183 yang artinya “Wahai orang-orang yang beriman! diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”. Dalam ayat ini, Allah menyerukan kewajiban puasa terhadap orang-orang yang beriman, seruan ini adalah seruan terbaik yang diserukan Allah kepada hambanya yang menandakan bahwa Allah penuh dengan kelembutan, di akhir ayat tersebut Allah menutup ayatnya dengan kalimat “agar kamu bertaqwa’’ nilai taqwa inilah yang menjadi target dalam menjalankan ibadah puasa, jika kita sukses melaksanak puasa maka derjat taqwa inilah yang akan kita dapatkan dari Allah ta`ala. Jadi, ibadah puasa wajib ini adalah ibadah khusus yang hanya umat Islam lakukan pada bulan ramadhan, adapun puasa yang dilakukan diluar bulan ramadhan hukumnya adalah sunah.

Kedua, ibadah khusus yang hukumnya sunah dan dilakukan pada malam hari ialah sholat tarawih, sholat tarawih merupakan ibadah khusus yang hanya dilakukan umat Islam selama bulan ramadhan, adapun pelaksanaanya dilakukan pada malam hari dengan jumlah rakaat delapan atau dua puluh rakaat dan biasanya dilakukan setelah sholat isya yang dilakukan secara berjamaah, adapun keutamaan dari salat tarawih yang paling dasar adalah adanya ampunan dari Allah terhadap dosa-dosa seorang muslim di masa lalu. Melaksanakan salat tarawih secara berjamaah juga dihitung sama dengan mengerjakan salat tahajud semalam penuh. Dari keutamaan ini, salat tarawih menjadi salah satu salat sunnah yang utama. Adapun hadis Nabi tentang ibadah tarawih ini ialah “Sesungguhnya Rasulullah pada suatu malam salat di masjid lalu para sahabat mengikuti salat Dia, kemudian pada malam berikutnya (malam kedua) Dia salat maka manusia semakin banyak (yang mengikuti salat nabi), kemudian mereka berkumpul pada malam ketiga atau malam keempat. Maka rasulullah tidak keluar pada mereka, lalu ketika pagi harinya Dia bersabda: ‘Sungguh aku telah melihat apa yang telah kalian lakukan, dan tidaklah ada yang mencegahku keluar kepada kalian kecuali sesungguhnya aku khawatir akan diwajibkan pada kalian,’ dan (peristiwa) itu terjadi di bulan Ramadhan.” (Muttafaqun ‘alaih)

Itulah ibadah-ibadah khusus yang hanya dilakukan selama bulan ramadhan, ibadah khusus tersebut ialah ibadah puasa wajib yang dilakukan di siang hari, mulai terbit fajar sampai dengan tenggelamnya mata hari, dari masuk waktu subuh hingga sampai masuknya waktu magrib, kemudia ibadah khusus yang kedua ialah ibadah khusus sholat sunah tarawih, sholat sunnah yang dilaksanakan delapan atau duapuluh rakaan yang ditutup dengan witir, dilaksanakan pada malam hari setelah sholat isya. Mudah-mudahan di bulan yang penuh berkah ini memberikan semangat yang kuat kepada kita untuk terus melakukan ibadah kepada Allah.

*Penulis : Fadhel Mahmed Azzuhdi, S.H*
*Alumni Beasiswa Cendekia BAZNAS*

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *