GUBERNUR HADIRI ALEK BATAGAK PENGHULU PERDANA DI KAMANG TANGAH

Bagikan Informasi Ini

GUBERNUR HADIRI ALEK BATAGAK PENGHULU PERDANA DI KAMANG TANGAH

Agam,Banua Minang.Com

Ratusan masyarakat Kamang Tangah padati arena acara alek gadang Rang Tigo Ibu Kamang Tangah Kec. Kamang Magek Batagak Pangulu, Ahad (8/1/2023) bertempat di Rumah Gadang Kaum Dt. Rajo Panghulu.

Batagak Penghulu adalah pertama sekali si Nagari Kamang Tangah ini. Aleh perdana ini langsung dihadiri oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi, SP Dt. Marajo . Dalam acara batagak Penghulu ini ada dua orang dikukuhkan sebagai pangulu, yakni Mayor M. Kasni , Dt. Rajo Pangulu dan Irwan Dt. Rajo pangulu. Keduanya bersal dari Suku Budi.

Kedua Pengulu ini dilantik dan dikukuhkan oleh Inyiak Dt. Patiah Baringek Ketua KAN Kamang Mudiak 7 Toboh yang disaksikan langsung oleh 3 wali nagari yaitu wali nagari Kamang Tangah. Wali nagari Pauah dan wali nagari Kamang Mudiak.

Sebelum pelantikan Gubernur Sumbar Mahyeldi Dt. Marajo menyelipkan keris kepada Dt. Rajo Pangulu sebagai tanda beliau sudah disepakati menjadi pucuak pimpinan Kaum Budi chaniago. Selain memberikan ucapan selamat mengatakan peran pemangku adat di nagari sangat penting dalam rangka merawat dan melestarikan nilai-nilai adat dan syarak. Selain itu, peran pemangku adat juga sosok ideal untuk membina anak kemenakan generasi muda di setiap nagari. Gubernur juga mengharapkan pengukuhan ini akan menjadi penguatan peran penghulu di kamang Tangah dalam membangun masyarakat kedepan.

“Peran perangkat nagarilah yang akan menjaga nilai adat salingka nagari. Pemprov juga sangat ,mendukung ini bahkan punya kewajiban untuk ikut merawat. Karena ikatan sosial yang paling kuat adalah ikatan nagari,” sambungnya.

 

Turut hadir dalam acara tersebut Katua LKAAM Sumbar Fauzi BaharBahar Dt. Tokoh masyarakat Kamang Magek dan Nyiak Mamak 7 Toboh dan Nyiak Mamak 4 Ibu salingka Kamang Mudiak .

E. Dt. Marajo selaku panitia alek mengatakan. Alek ini sebenarnya perdana ini ada 4 penghulu yang akan dilantik namun karena keterlambatan kata sepakat maka 2 penghulu akan dikukuhkan sekitar 3 bulan mendatang.

Kedua penghulu ini diarak dengan telempong. Tambur dan pupuk solok. Mulai dari rumah bako masing-masing. Sampai ke rumah gadang kaum di kampung Budi.ujar nyiak Ajo.

Di sisi lain Dt. Maka selaku ketua Buek Arek. Mengatakan kami akan terus mengupayakan niniak mamak yang belum di kukuhkan mencari kata sepakat sehingga 20 niniak mamak bisa sesegera mungkin dilantik oleh KAN.

Pewarta : Nyiak Maka

Editor : Ridwan

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *